Postingan

Me and Norden's Team

Gambar
I would like to say thank you to my friend 'Novan',  in this session. Actually, i never imagine i will get a greatness experience in reality like nowadays. It start from a little conversation in middle December when he asked to me about find someome  to replace his position  in a job because he will back to Sulawesi’s for christmas. I answer, “Im in” even he is think my answer was just joke. But i persuase him with my own commitment.

In the middle December, I get a little brief from him about jobdesc that he give to me and i start to join with Norden team, replace him. It was an amazing experience, I dont believe that happen to me. I remember how awkward i am in a first moment. It’s all about how i am put myself into the team and adapting with another member here in early day. Thanks god, im so gratefull for this opportunities and the moment.
I meet with another great person here, Rudy, Frendy, Rhandy. And not forget, Aryo. Yup he teaching me so many thing, about leadership, …

Patriotisme di Era Millenial

Patriotisme.  Ya, beberapa waktu terakhir ini kata ini menjadi kata yang sangat menarik untuk ku telusuri lebih dalam, entah itu hanya sebatas nyari dari beberapa literasi atau ngejadiin sebuah topik untuk di diskusiin bareng temen sekitar. Kalau dilihat dari definisinya sih yang bisa aku tangkap patriotisme itu lebih kepada sikap rela berkorban demi bangsa atau tanah airnya, karena memang definisi ini identik dengan sebuah sikap heroik dan kepahlawanan. Dulu sebelum kemerdekaan RI mungkin sikap patriotisme identik dengan sebuah perjuangan melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan. Tapi sekarang kan negara kita udah merdeka, zaman udah berubah, drastis banget. Mungkin konteksnya sekarang juga udah berubah nyesuiain zaman. Kira-kira kita perlu memaknai seperti apa ya konsep definisi dan nilai-nilai patriotisme ini.

Lebih enaknya, mari coba kita korelasiin dengan Nasionalisme, Nah, ini bahasan yang menarik nih antara patriotisme dan Nasionalisme  karena keduanya bisa dibilang hampir …

Go and Visit ASEAN ''Malaysia, Singapore and Thailand''

Gambar
Gi, bantuin koreksi translate-an abstrack dan essaiku dong, siapa tahu kan paperku lolos dan bisa di presentasiin di Thailand” masih teringat betul obrolan ini di akhir tahun 2016 ke salah satu temenku yang basicnya di bahasa inggris karena dia kuliah  di salah satu Universitas ternama di Yogyakarta di jurusan tersebut  haha. Setelah dia bantu koreksi dan OK katanya, langsung deh aku submit ke salah satu univ di Thailand yang waktu itu sedang nyari partisipan dan panelis untuk sebuah konferensi internasional dengan tema ekonomi kreatif di ASEAN.

Selang beberapa hari kemudian, ada email masuk yang mengkonfirmasi bahwa essay sudah tersubmit dengan baik dan benar... Keberlanjutannya bakal di informasiin via email, namun naasnya pasca kejadian tersebut engga ada tuh email balasan. Positive thinking aja berarti emang ga ada kabar lanjutan ‘ga lolos’ dan belum rejekinya. Mungkin Tuhan memiliki rencana lain, karena Dia adalah sebaik-baiknya pengatur rencana untuk ummatnya.
Kebetulan bebera…

Gamelan, Tetap Eksis dan Tak Akan Tergerus Globalisasi

Gambar
"Karena Gamelan ''musik etnis'' ini merupakan musik yang dimainkan beramai-ramai dan membutuhkan personil yang cukup banyak, bagi pemainnya tentu kordinasi dan harmonisasi merupakan unsur yang sangat penting. Koordinasi yang tepat antara diri sendiri ''tangan kiri-kanan'' dan juga kepada keseluruhan pemain akan sangat berpengaruh kepada kehidupan nyata dalam hal cara pengambilan keputusan di kehidupan sehari-hari."

Gamelan Jawa bisa disebut sebagai salah satu bentuk keragaman ethnical music di Indonesia. Ternyata di masa sekarang masih perhatian masyarakat tidak hilang begitu saja. Dalam parade gamelan ke-8 yang diselenggarakan di Klaten, Jawa Tengah tanggal 31 Desember 2018 bisa menjadi bukti bahwa banyak yang masih menaruh perhatian ke Gamelan ini. Selain acaranya diisi oleh dari berbagai kalangan mahasiswa dari berbagai Universitas di D.I.Y. ternyata acara tersebut juga diisi oleh kalangan pemuda/i dan juga bapak ibu warga setempat yang mem…