SABATON – Swedish Metal Yang Kece Punya

Sabaton... Ya. Sepertinya nama band ini masih cukup asing bagi orang Indonesia. Dimulai dari ketidak sengajaan  mendengarkan lagu yang diputar sama salah satu teman, malah membuat aku kepincut dan semakin kepo sama salah satu band metal asal Swedia ini, Sabaton. Waktu itu ditengah siang yang membosankan, salah seorang teman memutar sebuah lagu dari band ini yang menurutku cukup catching di telinga baik dari komposisi lagu maupun liriknya, Carolus Rex. Setelah searching sana-sini, baru tahulah bahwa band Sabaton ini berasal dari Swedia.

Rasa penasaran itu semakin datang menagih, ku coba dengerin lagi beberapa lagu lain dari band ini dan kesemua cukup ngena di hati dan memberikan nuansa baru dari hiruk pikuk beberapa band-band lain yang mungkin aku tahu. Setalah semakin dalam aku telurusi, ada rasa simpati dan salute dariku untuk memberi jempol ke band Sabaton ini. Bukan hanya saja dari lagu-lagunya yang apik dikemas dalam rhythm-rythmnya yang kalem tapi berat, tapi juga dari konsistensinya band ini dalam berkiprah.

Sepanjang karir band sabaton ini eksis, mulai dari album pertama sampai dengan yang terbaru, kontennya selalu konsisten dengan suasana history-anya yang dominan. Selain itu, semua konten lagu dari band ini sangat kental dengan nuansa militer-sentrisnya dan eropa-sentrisnya. Baik itu album Carolus Rex yang ada dalam dua versi (English dan Swedish) maupun album-album lainnya. Kesan yang didapat dari mendengarkan lagu ini  adalah seolah-olah kita sedang menjelajahi sejarah Eropa itu sendiri. Yang unik adalah bebrapa konten lagu sempat membahas tentang Samurai, Nazi, Kaiser, teknik berperang kuno dari Sun Tzu – Art of War.

Seolah-olah sedang berwisata sejarah saja ya. Dan memang benar, menurut aku pribadi wisata tidak hanya bisa didapat ketika bepergian atau tamasya, tapi bisa juga didapat dari kita merasakan suasana dan mencermati sebuah lagu, karena wisata dan mendengarkan music adalah sama-sama hal yang bersifat rekreatif. Hampir mayoritas lagu-lagu band ini akan membawa kita ke latar Eropa, entah itu suasana saat tentara Nazi sedang membombardir musuhnya dengan tank, maupun suasanya tentara-tentara yang sedang siaga di medan perang. Dan satu yang pasti, Eropa sentrisnya sangat menjadi kesan tersendiri dan membedakan band ini dari band-band lainnya. Mungkin para fans Iron Maiden (band heavy metal dari inggris) akan dapat menemukan perbedaanya.

Beberapa lagu yang cukup recommended untuk didengarkan adalah Carolus Rex, Panzerkampf, Primo Victoria, Coat of Arm, Night Witches, Resist And Bite, The Art of War, dll. Mungkin tulisan sederhana ini hanyalah memberikan gambaran umum saja karena sangat sulit menjelaskan secara keseluruhan dan mendetail. Namun yang pasti, band ini sangat mempunyai karakteteristik yang unik sebuah sebuah band Power Metal dari Eropa (Swedia).

Komentar

  1. Ane kesasar dari awal dengan lagu mereka The Last Stand

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane kesasarnya gara2 lagu Carolus Rex yang catching banget bagi sebuah band metal hehe

      Hapus
  2. Ga berani mainin lagu Counterstrike di suriah ini band

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk ada ada aja, kayaknya ga bakal deh ada konser musik di Suriah hehe... btw, kapan ya band ini perform ke Indonesia... :)

      Hapus

Posting Komentar

Comment...

Postingan populer dari blog ini

Gitar Relic?

Go and Visit ASEAN ''Malaysia, Singapore and Thailand''