Kutipan Buku "Karya Ilmiah"

Tadi siang, Aku menemukan salah satu buku yang sangat menarik untuk dibaca. Buku itu menurutku lebih bergenre personality dan inspirasi, sampulnya berwarna putih dengan gambar rumput di covernya dengan penerbit Elex Media Komputindo. Penulisnya bernama Fathul Hadidi, aku ga tahu orangnya tapi aku berterima kasih karena bukunya memang sangat berkesan karena banyak mengandung nilai-nilai kehidupan dan memberikan inspirasi untuk orang awam sepertiku.

Ada salah satu subtansi bahasan yang menurutku sangat menarik dimana penulisnya membahas tentang karya ilmiah. Jujur, sebagai seorang mahasiswa tentunya ga jauh-jauh yang namanya dengan karya ilmiah entah itu untuk bahan nugas paper atau mungkin keperluan lainnya. Deskripsi yang dipaparkan penulis dalam buku tersebut bukan hanya definisi konsep kata, tapi lebih ke nilai- nilai atau manfaat dari Karya Ilmiah.

Ini adalah kutipannya,

"Karya ilmiah bisa digunakan sebagai Iandasan inspirasi untuk mencari pemecahan masalah. Melalui karya ilmiah yang sudah ada, kita mampu mempelaiari apa saja yang harus dipenuhi untuk membuat karya ilmiah yang baik. Ketika duduk di bangku sekolah, kita sering mendapat tugas membuat karya ilmiah. Mata pelajaran yang umumnya mengharuskan kita membuat karya ilmiah adalah ilmu pengetahuan alam. Di bangku kuliah, kesempatan-kesempatan berkompetisi dalam karya ilmiah semakin terbuka lebar. Dan, karya ilmiah juga menjadi sarana kita untuk mengemukakan ide-ide dan menunjukan kualitas kita yang sebenarnya.  

Karya ilmiah merupakan hadiah terbaik kita bagi masyarakat. Di dalamnya terkandung gagasan-gagasan ide keilmuan untuk hal-hal yang bermanfaat. Agar tercipta karya ilmiah yang baik, kita harus menggali landasan ilmu sebaik-baiknya. Karya ilmiah harus orisinal tulisan kita sendiri. Dan, ide-ide dalam karya iImiah sebaiknya tidak disimpan begitu saja dalam Iemari besi. Kita berkewaiiban menerapkannya dalam hidup bermasyarakat/ bahkan mempublikasikannya agar manfaatnya bisa dirasakan banyak orang.  

Karya ilmiah merupakan karya termahal di dunia pengetahun. Tidak sembarang orang mampu membuat karya ilmiah. Diperlukan usaha dan kerja keras agar karya ilmiah yang ditulis mengandung hal-hal baru yang bermanfaat. Karya ilmiah sangat dihargai, apalagi jika membawa perubahan bagi manusia. Contohnya, ialah penemuan robot rumah tangga oleh seorang ilmuan Jepang yang mampu membantu manusia melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gitar Relic?

SABATON – Swedish Metal Yang Kece Punya

Go and Visit ASEAN ''Malaysia, Singapore and Thailand''